Sebelum mengetahui lebih mendalam mengenai PC,terlebih dahulu kita harus mengenal komponen apa saja yang ada dalam sebuah PC dan yang lebih penting adalah mengetahui fungsi dari setiap komponen tersebut secara sederhana dulu sebelum mengenalnya lebih dalam.

Untuk itu sebelum megoperasikan sebuah PC, maka akan diperkenalkan satu-persatu nama komponen PC beserta penjelasan sederhana mengenai fungsi masing-masing dari setiap komponen yang membentuk sebuah PC .

  •  Apa yang dimaksud dengan Komponen PC?

Komputer pribadi (PC) pada dasarnya adalah gabungan dari beberapa perangkat keras yang dirakit (assembly) menjadi satu kesatuan. Semua perangkat keras yang digunakan untuk membentuk sebuah komputer pribadi (PC) itulah yang disebut Komponen PC. Secara umum ,Komponen PC dapat dikategorikan berdasarkan kebutuhannya menjadi dua, yaitu komponen utama dan komponen tambahan.

  • Apa yang dimaksud dengan komponen utama?

Sesuai dengan namanya komponen utama adalah perangkat keras yang harus ada untuk membangun sebuah PC.

  • Perangkat keras apa saja yang termasuk ke dalam komponen utama?

Perangkat keras yang harus ada untuk membangun sebuah PC adalah Motherboard, Prosesor, Memori, VGA, Harddisk, Casing & Power Supply, Monitor, dan Input Device.

1. Apa itu Motherboard?

Motherboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai wadah/tempat untuk menghubungkan berbagai perangkat keras menjadi satu kesatuan sehingga dapat disebut sebagai PC.

2. Apa itu Prosesor?

Prosesor adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai mesin utama untuk memproses semua pekerjaan yang dilakukan oleh PC.

3. Apa itu Memori?

Fungsi utama RAM atau yang dikenal dengan sebutan Memori adalah tempat menyimpan data yang sedang diproses oleh PC untuk sementara.

4. Apa itu VGA?

VGA atau yang istilah resminya Graphics Card adalah perangkat keras yang berguna untuk memproses semua kegiatan yang berhubungan dengan tampilan (display).


5. Apa itu Harddisk?

Harddisk adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data-data secara permanen.

6. Apa itu Casing dan Power Supply?

Casing adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat menyimpan perangkat keras lainnya. Sedangkan Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penyedia tenaga/listrik bagi perangkat keras lainnya.


7. Apa itu Monitor?

Monitor adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar/tampilan yang dihasilkan oleh PC.

8. Apa itu Input Device?

Input Device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memberi input kepada PC. Contoh dari Input Device adalah keyboard dan mouse.

  • Apa yang dimaksud dengan komponen tambahan?

Komponen tambahan adalah perangkat keras yang tidak mutlak dibutuhkan oleh PC. Tanpa perangkat keras ini sebuah PC tetap dapat digunakan dengan normal. Beberapa perangkat keras yang termasuk kedalam komponen tambahan adalah:

1. CD/DVD Drive & Burner

CD/DVD Drive adalah perangkat keras yang fungsinya untuk menjalankan (membaca) data yang ada di kepingan CD/DVD. Sedangkan CD/DVD Burner merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk membakar (menulis) data ke dalam kepingan CD/DVD.

2. Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat keras yang bisa dibawa kemana-mana (portable) yang berfungsi untuk menyimpan data.

3. Printer

Printer adalah perangkat keras yang fungsi utamanya untuk mencetak (mem-print) tulisan atau gambar dari PC ke media nyata (kertas, kain, dan lainnya).

4. Modem

Modem adalah perangkat keras yang gunanya untuk menghubungkan PC ke jaringan lainnya. Praktek yang paling sering digunakan adalah menghubungkan PC dengan Internet.

5. Wi-Fi

Wi-Fi adalah perangkat keras yang menghubungkan PC ke jaringan lainnya menggunakan teknologi nirkabel (tanpa kabel/wireless).

  • Peralatan

· CPU yang telah terurai lengkap dengan komponen didalamnya.

* catatan : jika tersedia lebih dari satu komputer dengan generasi yang berbeda alangkah lebih baik untuk lebih mengetahui perbandingan dari setiap generasi komputer.

  • Langkah Kerja

1. Bongkar CPU, jika telah terurai antara komponen yang ada didalamnya

2. Kenali nama komponen yang ada ,serta bedakan komponen sesuai yang ada pada diagram blok komputer baik yang berfungsi sebagai input device ,output device,I/O port system,CPU,maupun memory.

3. Perhatikan termasuk kedalam generasi keberapakah Processor yang terdapat pada PC tersebut. Apakah termasuk produk dari Intel ,AMD,atau produk cloning Intel lainnya.

4. Perhatikan komponen Motherboard serta komponen pendukungya.

5. Perhatikan berapa jumlah socket Processor

6. Perhatikan juga jenis Chipset yang mendukung kinerja dari Processor tersebut.

7. Kenali juga slot-slot RAM yang ada apakah termasuk kedalam SIMM atau DIMM.

8. Perhatikan slot-slot Ekspansi seperti ISA,EISA,PCI,atau AGP

9. Perhatikan port –port yang ada, baik itu IDE,FDD port

10. Bedakan antara serial port dengan pararel port serta fungsinya

11. Perhatikan juga Bus Sistem dan Bus I/O